Halangi Proses Penyidikan, Kejagung Tetapkan TT Sebagai Tersangka

Img 20240130 Wa0144

HaluaNusantara.com

JAKARTA – Tim Penyidik dari Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM Pidsus) menetapkan TT sebagai tersangka.

TT ditetapkan sebagai tersangka, karena dengan sengaja menghalang-halangi proses penyelidikan terkait dengan perkara dugaan tindak pidana Korupsi dalam tata niaga komoditas Timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022.

Hal itu diungkapkan Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Ketut Sumedana saat menggelar konferensi Pers, Selasa (30/1/2024).

“Tim Penyidik telah menetapkan 1 orang tersangka berinisial TT, dengan sangkaan setiap orang yang dengan sengaja menghalangi atau merintangi secara langsung atau tidak langsung terkait penyidikan (Obstruction of Justice) perkara dugaan tindak pidana korupsi tata niaga komoditas Timah di wilayah IUP PT Timah Tbk tahun 2015 – 2022,” ungkap Ketut.

“Tersangka TT bersikap tidak kooperatif selama penyidikan, yang berupaya menghalangi Tim Penyidik dengan menutup dan menggembok pintu objek yang akan digeledah, menyembunyikan beberapa dokumen yang dibutuhkan, dengan sengaja tidak memberikan keterangan atau memberi keterangan yang tidak benar sebagai saksi,” tambahnya.

Selanjutnya, Tersangka TT dilakukan penahanan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tua Tunu Pangkalpinang sampai dengan 20 hari ke depan.

Diketahui, selain menetapkan TT sebagai tersangka, Tim Penyidik juga mengumpulkan keterangan sejumlah saksi, menyita 1 unit mobil Porsche, 1 unit mobil Suzuki Swift dan uang tunai sebesar Rp1.074.346.700 (satu miliar tujuh puluh empat juta tiga ratus empat puluh enam ribu tujuh ratus rupiah). (JP)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: