LUBUK BESAR – Tebar 2.000 benih ikan nila hitam di Keramba Jaring Apung (KJA) wisata alam bekas tambang, Danau Pading Desa Perlang Kecamatan Lubuk Besar, Rabu (10/1/2024).

Bupati Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Algafry Rahman mengatakan, hal tersebut merupakan salah satu upaya mendukung minat wisata di Danau Pading,

“Saya berharap bahwa ini betul-betul bisa bermanfaat bagi teman-teman Pokdarwis. Tolong dijaga sebaik-baiknya agar ini dapat berkembang dan nanti bisa berkelanjutan. Untuk tahap awal ini, kita pemerintah daerah akan terus mendukung, termasuk pakannya juga akan kita bantu,” ungkap Algafry.

Algafry juga berharap, jika sudah panen nanti pokdakan Pading Jaya Lestari dapat mengelola hasil panennya sebaik mungkin.

“Kita sarankan kepada teman-teman pokdakan tadi jangan sampai nanti pengolahannya itu tidak baik. Kalaupun nantinya ada penghasilan, silakan disisihkan. Hal ini juga sebagai sarana untuk belajar bagaimana mengelola sebuah usaha,” ucapnya.

Sementara itu, Arif selaku Kepala Bidang Pengembangan Usaha Perikanan Budidaya dan Pengolahan Hasil Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat mengapresiasi Kabupaten Bangka Tengah dengan aksi penebaran benih ikan di lokasi wisata bekas tambang.

“Kami sangat mengapresiasi Kabupaten Bangka Tengah yang sudah berhasil dalam rangkaian mewujudkan dan mengintegrasikan sektor perikanan dengan sektor pariwisata. Ini salah satu bukti konkret yang sudah dilakukan Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah,” ujarnya.

Ia menyampaikan bahwa pihaknya akan terus melihat potensi perikanan di setiap kabupaten/kota di wilayah Bangka Belitung.

“Kita akan melihat kekuatan masing-masing daerah kabupaten/kota yang tersebar di Babel, sehingga budidaya perikanan ini akan kita kuatkan. Fungsi integrasilah yang terpenting! Kita berharap Bangka Tengah ke depan bisa meningkatkan produksi perikanannya, seperti hasil perikanan berupa produk, bukan hanya bahan mentah,” ungkapnya.

Selain itu, Bupati Algafry Rahman juga menyerahkan secara simbolis bantuan 2 set keramba jaring apung (KJA) HDPE, 3.128 ekor benih ikan nila hitam, 3.128 ekor benih ikan nila merah yang sebelumnya telah disebarkan pada 2023 lalu serta 2.120 kg pakan ikan tahun anggaran 2023 kepada Pokdakan Pading Jaya Lestari.

Turut hadir mendampingi Bupati, Kepala Dinas Perikanan, Imam Soehadi, Camat Lubuk Besar, Armansyah, Anggota Pokdakan Pading Jaya Lestari dan anggota Pokdarwis Danau Pading. (JP)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah