Resmikan Zona Kuliner Halal Aman Sehat (KHAS) Pertama di Babel, ini Harapan Pj Safrizal

redaksi
B1a4526e 8336 40e5 Af44 Da957915ec7f

HaluaNusantara.com – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA meresmikan Kawasan Pasar Mambo Jl. Kapten Sulaiman Arief No. 169, Kec. Rangkui sebagai Zona Kuliner Halal, Aman, dan Sehat  (KHAS) pertama di Negeri Serumpun Sebalai, Kamis (21/12/2023).

“Keberadaan zona kuliner halal,aman dan sehat merupakan salah satu hal yang dapat menunjang perkembangan perekonomian di suatu daerah,” ujarnya saat menyampaikan sambutan.

Tidak hanya berpotensi sebagai tempat makan, tetapi kawasan ini menjadi bagian dari destinasi wisata yang diharapkan menarik perhatian masyarakat luas baik lokal maupun internasional. 

“60 persen dari 189.971 UMKM di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah usaha makan minum. Secara nasional UMKM menjadi penyumbang terbesar terhadap produk domestik bruto yakni sebesar 60,5 %,”tuturnya.

Dan  sesuai dengan Amanat Undang-Undang Nomor 33 tahun 2014, produk yang masuk, beredar dan diperdagangkan di wilayah Republik Indonesia kini wajib bersertifikat halal.

“Dimana kewajiban sertifikasi halal pada penahapan pertama mulai berlaku pada 18 Oktober tahun 2024, khususnya untuk produk makanan, minuman, hasil sembelihan dan jasa penyembelihan, bahan baku, bahan tambahan pangan, dan bahan penolong untuk produk makanan dan minuman,” ujarnya.

Untuk itu, pria kelahiran 1970 mengajak agar semua pelaku usaha terkait untuk mendaftar karena pihaknya saat ini terus menggalakkan fasilitasi sertifikasi halal baik melalui program self declare maupun reguler. 

“Untuk Pasar Mambo, sesuai dengan hasil monitoring yang dilakukan bersama Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), sudah 75% tenant yang mendapatkan sertifikat halal dan stikerisasi aman dan sehat. Selain itu, kawasan ini juga dekat dengan Masjid sehingga memenuhi persyaratan untuk ditetapkan sebagai Zona Khas,”ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Pj Gubernur Safrizal meminta agar Pemerintah Kota serta stakeholder bersinergi dengan pihaknya untuk membenahi kawasan Pasar Mambo mulai dari infrastrukturnya agar lebih menarik minat masyarakat untuk berkunjung. 

“Secara bertahap, bersama Pemerintah Kota dan Bank Sumsel Babel kita benahi kawasan ini, mulai dari infrastruktur, sarana dan prasarana agar lebih indah dan nyaman,” pungkasnya. **

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: