Resmikan Seminar Kesehatan, Algafry: Perilaku Hidup Sehat Sangatlah Penting

redaksi
33

HaluaNusantara.com

KOBA – RSUD Drs. H. Abu Hanifah Kabupaten Bangka Tengah menggelar serangkaian acara untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 dan Hari Diabetes dengan tema Transformasi Kesehatan Menuju Indonesia Maju, Rabu (06/12/2023).

Bertempat di Ruang Pertemuan RSUD Drs. H. Abu Hanifah, Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD Drs. H. Abu Hanifah, Kabag Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Bangka Tengah, serta perwakilan Bank Muamalat, membuka secara resmi seminar kesehatan di hadapan 100 lansia yang merupakan peserta dari Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) di Puskesmas.

Seminar kesehatan yang bertemakan access to diabetes care ini membahas tentang penyakit diabetes dengan menghadirkan narasumber dokter spesialis penyakit dalam RSUD Drs. H. Abu Hanifah, dr. Yeni Marlina, Sp.PD., dan dokter gigi, drg. Ridwan.

Memperingati Hari Kesehatan Nasional ini, Algafry berharap agar RSUD Drs. H. Abu Hanifah, terus meningkatkan mutu pelayanan, kualitas SDM kesehatan, serta kesadaran masyarakat agar melakukakn perilaku hidup sehat.

“Saya menghimbau dan mengajak masyarakat agar selalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang sehat, olahraga, dan terus berusaha berpikir positif,” ajak Bang Ayi, sapaan akrab Bupati Bangka Tengah, mengingat diabetes termasuk 10 penyakit terbanyak di Indonesia, dan di Bangka Tengah sendiri cukup banyak penderitanya.

Dalam kegiatan ini diberikan juga santunan secara langsung oleh Bupati Bangka Tengah, untuk anak yatim/piatu yang merupakan putra/putri dari tim RSUD serta penyerahan bantuan ambulans dari Bank Muamalat kepada RSUD Drs. H. Abu Hanifah.

“Alhamdulillah, bantuan CSR dari Bank Muamalat berupa ambulans sudah diterima. Terima kasih, ini sangat bermanfaat dalam membantu kinerja RSUD Drs. H. Abu Hanifah,” ujar Algafry “Semoga bisa menambah motivasi dan kinerja tim RSUD semakin baik lagi untuk melayani masyarakat.”

Menambahkan, Kepala Dinas Kesehatan, drg. M. Anas Ma’ruf, mengatakan jika ambulans yang dimiliki sudah kurang layak untuk dioperasikan.

“Alhamdulillah ada bantuan satu unit dari Bank Muamalat dan juga 1 unit lagi dari anggaran BLUD yang didapat dari hasil pendapatan. Diharapkan bisa digunakan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat,” harapnya.

Selaku inisiator, Direktur RSUD Drs. H. Abu Hanifah, dr. Lismayoni, mengungkapkan tujuan sosialisasi ini terkait dengan masalah diabetes dan melibatkan dokter spesialis langsung agar bisa menjadi perpanjangan tangan dari tim kesehatan.

“Biasanya dokter penyakit dalam mengedukasi pasien secara langsung, namun melalui seminar ini bisa mengedukasi yang bukan pasien,” jelasnya.

Melalui peringatan HKN ini, dr. Lismayoni berharap bisa membangun kesadaran akan pentingnya perilaku hidup sehat dan perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga dengan rangkaian peringatan HKN ini, Direktur RSUD Drs. H. Abu Hanifah bisa terus melayani masyarakat dengan memberikan mutu pelayanan yang terbaik dan semakin baik ke depannya,” harapnya.

Serangkaian acara seperti donor darah, lomba video inovasi layanan, lomba masak lempah kuning, dan lomba masak menu kudapan untuk penderita diabetes yang disusun masing-masing ruangan, turut meramaikan kegiatan peringatan HKN ke-59 di RSUD Drs. H. Abu Hanifah Kabupaten Bangka Tengah. (**)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: