Tanggapi Ketua Asprov PSSI Babel, Plt Kadis PUPR Babar Bilang Begini

redaksi
Img 20230723 Wa0015
Foto terkini Stadion Porprov VI di Desa Air Limau, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Minggu ( 23/7/2023 ).

HaluaNusantara.com

BANGKA BARAT — Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR ) Bangka Barat Novianto mengatakan, stadion utama untuk perhelatan Porprov VI masih dalam proses penyelesaian.

Menurut dia secara umum stadion yang terletak di Desa Air Limau Kecamatan Mentok itu siap digunakan untuk gelaran cabor sepakbola pada event olahraga terbesar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Agustus bulan depan.

Hal itu dikatakan Novianto menanggapi pernyataan Ketua Asprov PSSI Babel Mintra Jaya, setelah melakukan verifikasi stadion utama di Bangka Barat beberapa waktu lalu.

Tiga hal yang disoroti Mintra Jaya yaitu, pintu akses ambulans, rumput lapangan yang tidak merata serta tidak adanya papan skor. Bahkan dia menyebut stadion tersebut tidak layak untuk menggelar pertandingan sepakbola Porprov.

Pihaknya pun kata dia tidak akan mengeluarkan rekomendasi stadion di Bangka Barat tersebut untuk menggelar pertandingan resmi sepakbola Porprov bila ketiga item tersebut tidak dilengkapi.

Ditegaskan Novianto, saat ini rumput stadion sudah tumbuh dengan baik setelah dilakukan treatment. Sebelumnya saat diverifikasi, rumput tersebut masih dalam proses perawatan.

“Itu semua lagi berproses, kalau rumput itu masa perawatan memang mau dipotong, kemudian kita kasih treatment dikasih pupuk dia kan tumbuh lagi. Dan mereka itu ( Ketua Asprov Babel dkk ) datang sudah tiga minggu yang lalu, sekarang sudah kita ambil tindakan dan rumputnya sudah bagus,” ujar Novianto, Minggu ( 23/7/2023 ).

Begitu pula dengan jalur evakuasi ambulans, menurut Novianto hal itu tidak menjadi persoalan, karena pagar BRC stadion dirancang untuk mudah dibuka dari sisi manapun untuk akses evakuasi.

“Pagar BRC itu kan mudah membukanya. Jadi misalnya ada ambulans mau mengevakuasi tinggal dibuka itu kan bisa buka tutup BRC itu. Biasanya mereka mau evakuasi dari sisi timur, barat atau utara selatan tinggal kita buka,” ucapnya.

Sedangkan score board atau papan skor, Novianto mengakui untuk sementara ini memang belum ada, namun pengadaannya sudah dianggarkan.

“Score Board memang belum ada tetapi di MP PPP kami anggarkan dan itu juga lagi berproses. Jadi sudah dianggarkan, tinggal kami cari PL dan nilainya kecil juga cuma kisaran 30-an juta. Stadion itu juga hanya digunakan untuk pertandingan final, yang lainnya akan digelar di lapangan Unmet PT. Timah,” jelas Novianto.

Sementara itu Wakil Bupati Bong Ming Ming mengatakan, persiapan Porprov VI di Kabupaten Bangka Barat selaku tuan rumah terus dilakukan, termasuk pembangunan Sport Hall yang saat ini progressnya sudah di atas 70 persen.

“Sport Hall, saya belum melihat tapi kalau tidak salah Insya Allah sudah di atas 70 persen. Kemarin sudah kita kroscek berdasarkan data-data yang ada Insya Allah sampai Porprov nanti itu selesai,” ujar Wabup BMM usai hadiri acara KNPI di GSG Kantor Camat Mentok, Minggu siang.

Juga persiapan kirab obor sudah dimantapkan dengan rute dan rundown yang telah direncanakan sebelumnya. Pihak PB pun telah menggelar simulasi – simulasi guna mematangkan persiapannya.

Begitu pun dengan persiapan akomodasi para atlet menurut BMM sudah aman. Pihaknya akan dibantu Polres Bangka Barat yang akan meminjamkan rumah susun di dekat Kantor Polsek Mentok untuk penginapan tambahan bagi para atlet.

“Penginapan dan akomodasi sudah aman, apalagi nanti kalau kita bisa selesaikan rusun yang milik Polres Bangka Barat itu lebih aman lagi karena ada 43 kamar satu kamar itu bisa muat 4 orang,” tutup BMM. ( SK )

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: